Cara seting karburasi

Sunday, August 12th 2012. | sistem pengkabut

Selamat berapa aja Sobat abangirengku 🙂 ya…muncul lagi nih muka pringas pringis, maklum muka si admin muka ndeso 🙂 … moga aja sobat sekalian nggk bosen-bosen mampir di blog amburadul ini…

Setelah kemunculan yamaha jupiter z1 sangat jelas sekali kalau pihak yamaha benar-benar serius ingin “menyingkirkan” sistem karburasi dari motor ciptaannya.

Walaupun yamaha getol-getolnya ingin menginjeksikan semua motornya tapi tak bisa kita pungkiri kalau sistem karburasi masih di gandrungi sebagian sobat pecinta adu kebut

Oke sob,  ngomong-ngomong soal karburasi yuk kita bahas tentang Cara seting karburasi
Di sini yang kita bahas adalah seting air scraw atau bahasa kerennya seting angin-angin karburasi 🙂 .

Seperti yang banyak orang tau kalau hanya dengan seting angin pada karbu bisa membuat motor jadi lari kencang,rpm jadi tinggi dan banyak lagi anggapan-anggapan tentang pengaruh seting angin karburasi ini.
BENARkah pernyataan di atas?????

Oke mari kita telusuri lebih mendalam tentang Cara seting karburasi

Coba perhatikan gambar bawah ini

image

Pada gambar di atas terdapat dua jalur yang terhubung dengan bak penampung bahan bakar.

Jalur pertama aku lingkari dengan warna hijau

Lingkaran warna hijau menunjukkan area atau wilayahnya main jet(spuyer besar) dan pendukung nya.misal nosel,jarum skep,dan skep itu sendiri.karna main jet ini terhubung dengan skep maka bisa di simpulkan kalau main jet ini sangat berpengaruh pada putaran dari tengah ke atas.kenapa aku bisa berkesimpulan begitu.karna buka tutup karburasi di lakukan di skep.

Jalur ke dua saya lingkari dengan warna merah.

Di area ini tempatnya pilot jet.sedangkan peranti pendukung dari pilot jet ini adalah pilot air scraw atau baut stelan angin.perlu di ketahui kalau pilot jet ini bekerja pada putaran bawah hingga 1/4 bukaan gas.

Oke sekarang kita menuju ke stelan angin/pilot air scraw.

karna stelan angin-angin ini berhubungan dengan pilot jet (yang notabene bekerja diputaran bawah)  itu berarti stelan angin-angin ini juga bekerja di putaran bawah.

nah sekarang ketemu deh jawaban dari pernyataan-pernyataan pada awal tadi.jadi salah besar kalau hanya stel angin-angin motor bisa teriak di putaran atas itu terjadi  karna kerja dari baut penyetel ini hanya di putaran bawah.

Sedangkan untuk penyetelannya

Bisa dengan cara membuka gas sedikit kemudian putar baut penyetel angin menutup hingga pentok, kemudian putar lagi ke arah membuka atau berlawanan arah jarum jam hingga 1 1/2 putaran.tapi ini berlaku untuk motor standar dan dalam kondisi suhu normal.untuk suhu extrim atau karbu sudah di oprek silahkan di cari sendiri hingga ketemu stelan yang tepat.

Stelan yang tepat biasanya putaran bawah tidak mbrebet,tanpa terdengar suara nembak,untuk motor standar biasanya stasioner atau langsam dengan baik.biasanya tanpa memutar penuh baut penyetel stasioner motor bisa langsam.

Oke untuk penjelasan Cara seting karburasi sekian dulu.bila belum paham bisa isi di kolom koment

Semoga bermanfaat…

Incoming search terms:

  • karborasi (16)
  • motor tidak mau teriak (15)
  • setting angin-angin 100cc yang tepat berapa putaran (2)
  • setting Angin jz1 yang benar (1)
  • setelan gas penuh motor tidak teriak (1)
  • resep agar motor mau teriak (1)
  • motor vespa brebet di stasioner atas (1)
  • baut angin di buka langsung teriak (1)
  • motor 2 taj gak mau teriak (1)
  • Gimana caranya biar motor lari kencan (1)
tags: , , , ,