Cara seting karburasi | ABANGIRENGKU blog

sponsor

Cara seting karburasi

August 12th, 2012 16 Comments
sponsor

Selamat berapa aja Sobat abangirengku :-) ya…muncul lagi nih muka pringas pringis, maklum muka si admin muka ndeso :-) … moga aja sobat sekalian nggk bosen-bosen mampir di blog amburadul ini…

Setelah kemunculan yamaha jupiter z1 sangat jelas sekali kalau pihak yamaha benar-benar serius ingin “menyingkirkan” sistem karburasi dari motor ciptaannya.

Walaupun yamaha getol-getolnya ingin menginjeksikan semua motornya tapi tak bisa kita pungkiri kalau sistem karburasi masih di gandrungi sebagian sobat pecinta adu kebut

Oke sob,  ngomong-ngomong soal karburasi yuk kita bahas tentang Cara seting karburasi
Di sini yang kita bahas adalah seting air scraw atau bahasa kerennya seting angin-angin karburasi :-) .

Seperti yang banyak orang tau kalau hanya dengan seting angin pada karbu bisa membuat motor jadi lari kencang,rpm jadi tinggi dan banyak lagi anggapan-anggapan tentang pengaruh seting angin karburasi ini.
BENARkah pernyataan di atas?????

Oke mari kita telusuri lebih mendalam tentang Cara seting karburasi

Coba perhatikan gambar bawah ini

image

Pada gambar di atas terdapat dua jalur yang terhubung dengan bak penampung bahan bakar.

Jalur pertama aku lingkari dengan warna hijau

Lingkaran warna hijau menunjukkan area atau wilayahnya main jet(spuyer besar) dan pendukung nya.misal nosel,jarum skep,dan skep itu sendiri.karna main jet ini terhubung dengan skep maka bisa di simpulkan kalau main jet ini sangat berpengaruh pada putaran dari tengah ke atas.kenapa aku bisa berkesimpulan begitu.karna buka tutup karburasi di lakukan di skep.

Jalur ke dua saya lingkari dengan warna merah.

Di area ini tempatnya pilot jet.sedangkan peranti pendukung dari pilot jet ini adalah pilot air scraw atau baut stelan angin.perlu di ketahui kalau pilot jet ini bekerja pada putaran bawah hingga 1/4 bukaan gas.

Oke sekarang kita menuju ke stelan angin/pilot air scraw.

karna stelan angin-angin ini berhubungan dengan pilot jet (yang notabene bekerja diputaran bawah)  itu berarti stelan angin-angin ini juga bekerja di putaran bawah.

nah sekarang ketemu deh jawaban dari pernyataan-pernyataan pada awal tadi.jadi salah besar kalau hanya stel angin-angin motor bisa teriak di putaran atas itu terjadi  karna kerja dari baut penyetel ini hanya di putaran bawah.

Sedangkan untuk penyetelannya

Bisa dengan cara membuka gas sedikit kemudian putar baut penyetel angin menutup hingga pentok, kemudian putar lagi ke arah membuka atau berlawanan arah jarum jam hingga 1 1/2 putaran.tapi ini berlaku untuk motor standar dan dalam kondisi suhu normal.untuk suhu extrim atau karbu sudah di oprek silahkan di cari sendiri hingga ketemu stelan yang tepat.

Stelan yang tepat biasanya putaran bawah tidak mbrebet,tanpa terdengar suara nembak,untuk motor standar biasanya stasioner atau langsam dengan baik.biasanya tanpa memutar penuh baut penyetel stasioner motor bisa langsam.

Oke untuk penjelasan Cara seting karburasi sekian dulu.bila belum paham bisa isi di kolom koment

Semoga bermanfaat…

Incoming search terms:

  • karborasi (16)
  • motor tidak mau teriak (13)
  • vespa brebet di putaran bawah (10)
  • vespa brebet di putaran atas (8)
  • ukuran main jet mio sporty (4)
  • stasioner vespa (3)
  • kenapa motor fiz r pada gigi 1/2 pada putaran tinggi gak mau lari (2)
  • putaran spuyer angin honda new megapro (2)
  • cara menyetel karbu vespa stasioner (2)
  • cara mengecilkan lubang main jet (2)
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG SOBAT,SILAHKAN BACA ARTIKEL KAMI BERIKUTNYA, APABILA ADA YANG KURANG DI PAHAMI SILAHKAN BERKOMENTAR, INSYAALLAH KAMI JAWAB SECEPATNYA

masuk untuk mendapat update melalui email

Tetap Update dengan Blog ini. Dapatkan update email newsletter Gratis, masukkan email kamu disini:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

16 Responses to “Cara seting karburasi”

  1. uyayan says:

    saya awam banget ne gan masalah motor, apalgi mesinya…
    jadi,, dua kali saya baca post di atas tetap aja kagak ngerti… maklumi aja hehe

  2. Saya baru ngerti malah mas, hehe
    Maklum gak pernah otak-atik mesin motor :lol:

    Saya bookmark dulu ini postingan

    Salam

  3. Mr.o2n° says:

    aduh aku malah belum faham semua haha,gaptek fuulll dengan mesin :D

  4. gunawan says:

    gan, ane masih bingung sama putara bawah, menengah, atas. Itu maksudnya apa?

    • abangireng says:

      Sory bru bisa kebales sibuk :-) putaran bawah adalah dimana putaran mesin stasioner sampai 1/3 begitu seterusnya putaran mesin sinkron dengan putaran gas.jadi kalau motor anda tidak memiliki alat pengukur rpm bisa ukur dengan putaran gas.untuk bisa menilik putaran bawah tengah dan atas

  5. gunawan says:

    masih bingung gan… Hehe
    fungsi rpm itu apa?
    Trus mengatur putarn bawah, tengah, atas yg pas itu yang kaya gmna?
    Hehe. Maaf banyak tanya

    • abangireng says:

      Rpm adalah (radius per menit) yaitu putaran mesin dalam satu menit

      Untuk melihat nya ada alat yang di sebut takometer

      Biasa terdapat pada motor-motor tipe sport
      Misal vixi-on,megapro,honda tiger,scorpio

      Biasanya terletak bersebelahan dengan spidometer

  6. hery aburrahman tamir says:

    slmt pg AbIrkU,slm kenal.ikut tanya2 ye..hehe..sy coba ganti carb nuovo z 2007 dgn carb rx,maunya mesin tetap standr.apa hrs di kecilin smua ukuran nya?brp uk PJ,MJ,Needle jet hold jg jet needle yg tepat?
    thx bfr bang,sukses sllu

    jawab
    salam kenal juga sob :-)
    kalau soal ganti karbu boleh-boleh aja sob.asalkan lubang venturi tidak lebih besar dari lubang in.

    kalau melihat lubang venturi standar nuovo kalau nggak salah 25 sedangkan karbu rx 24
    jadi