komparasi karbu konvensional vs vakum vs injeksi

langsung saja sob kita lanjutin artikel kemarin tentang cara kerja karburasi sekarang kita akan bandingkan tipe karbu seperti pembahasan kemarin

pertama

image

karburasi konvensional

karbu ini banyak di gunakan pada motor2 terdahulu.meskipun sekarang juga masih banyak motor yang mengadopsinys.

karbu konvensional ini lebih responsif..kenapa bisa begitu???

karna karbu ini menggunakan skep yang langsung terhubung dengan throttle.jadi tergantung bagaimana kita menarik tuas gas(throottle).

kelemahan nya: karbu ini lebih boros ketimbang tipe yang lainnya.

kelebihannya:tarikan lebih responsif dan seting lebih mudah

yamg kedua

image

karbu vakum (konstan vakum)

karbu ini cenderung lebih lambat dalam merespon putaran gas.karna naiknya skep tidak bisa spontan,tergantung karet vakum yang mengangkat skep tersebut.jadi karbu sistem ini skepnya tidak labgsung terhubung dengan throotle.

kelebihannya:konsumsi bahan bakar lebih irit ketimbang karbu konvensional

kekurangannya:respon nya kurang agresif

yang ketiga

injeksi

image

sistem injeksi sistem ini sangat rumit dan melibat kan tehnologi canggih di dalam nya.dengan injeksi semua sistem kerja pengkabutan lebih tepat, lebih efesien dan lebih powerfull.

sistem kerja dari injeksi ini di kontrol oleh ECU(electrik control unit) yang telah di program oleh komputer.ECU inilah otak dari sistem injeksi.sebelum semua sinyal dari alat-alat pendukung injeksi seperti: alat pengukur suhu,penyuplai bahan bakar,dan penyuplai udara mengalir,semua dikirim ke ECU terlebih dahulu.kemudian ECU ini memerintahkan komponen-komponen pendukung tadi Untuk bekerja sesuai fungsinya. misalkan pada kondisi suhu udara dingin,alat pendeteksi suhu akan mengirimksn sinyal ke ECU,dari ECU kemudian memerintahkan pada alat penyuplai bahan bakar agar sesuai takaran pada saat suhu rendah.begitu pula alat penyuplai udara akan menyalurkan udara yang tidak berlebih agar pencampuran udara dan bahan bakar sesuai pada kondisi suhu rendah.begitu pula sebaliknya apabila kondisi berubah menjadi panas.

jadi bisa di pastikan suplai bahan bakar akan terpenuhi dengan tepat pada kondisi apapun.Berbedakan pada sistem pengkabut yang lainnya,yang cenderung tidak mengikuti suhu dan kemauan mesin. nah itulah gambaran kasar pada sistem injeksi sob…

untuk kelebihan nya:
injeksi lebih irit,efesien dan sempurna.bahkan di kabarkan ,pabrikan YAMAHA akan mengINJEKSIkan semua motor nya.tentunya dilakukan bertahap

sedangkan kekuranganya:
karna sistem ini baru,jadi belum semua tehnisi mampu untuk mengutak atiknya.paling hanya mampu menyetel setting udara atau co nya.kondisi aki harus berfungsi baik,apabila aki soak kinerja injeksi akan terganggu.karna semua program tergantung dari ECU yang notabene mengandalkan sebuah arus listrik untuk kinerjanya.

semoga berman
faat ;-)

Incoming search terms:

  • cara kerja sistem injeksi (54)
  • sistem injeksi mobil (42)
  • setting karburator vakum (21)
  • karbu vakum vs konvensional (3)
  • Karbu vakum vs injection (1)
  • carbu konfesional vs carbu fakum vs injeksi (1)
  • karburator vakum vs skep (1)
  • perbedaan komponen pendukumg mesin mesin konvensional dan injeksi (1)
  • Bagus mana karbu vakum vs konvensional (1)
  • bagus karburator vacum atau biasa (1)