masalah yang sering terjadi di karburasi | ABANGIRENGKU blog

sponsor

masalah yang sering terjadi di karburasi

September 2nd, 2012 66 Comments
sponsor

Seperti kita ketahui karburasi adalah alat yang sangat vital dalam sebuah mesin motor.alat pengkabut ini tidak selamanya dalam kondisi prima karna kondusi lingkungan yang tidak menentu.lingkungan yang berdebu suhu extrim dapat mempengaruhi kinerja karburasi.

Berikut abangirengku.com akan mencoba membahas masalah yang sering terjadi di karburasi

1) mesin susah hidup

mungkin sering terjadi pada motor anda hal seperti diatas.motor anda susah untuk di nyalakan.

pada karburasi hal tersebut diakibatkan beberapa faktor,diantaranya

-suplai bensin yang tidak memadai
-pilot jet tersumbat
-stelan angin-angin terlalu kaya
-bensin banjir

untuk penyelesaiannya:

periksa ketersediaan bensin,bila bensin dalam tangki tidak kosong coba cabut selang bensin periksa kelancaran bensin mengalir.bila pada motor yang mengaplikasi pompa bensin vakum coba hisap pada selang penghisap.biasanya terhubung pada manifol.

bila pada suplai bensin lancar kita beralih pada karbu. bongkar karburasi kemudian bersihkan semua komponen dan lubang pada karbu.pastikan kondisi bensin di bak penampung sesuai dengan ukuran yang ada.stel angin-angin,biasanya 1 1/2 putaran untuk motor standar.bisa saja di tambah atau di kurang sesuai kondisi mesin.bila terjadi banjir gantilah jarum pelampung dengan yang baru.

2)putaran bawah tertahan

bila motor di gas secara spontan tiba-tiba suara motor tertahan di putaran bawah,itu berarti stelan angin terlalu kaya.coba stel ulang angin-anginnya.

3)putaran atas bermasalah

kalau putaran atas banyak faktor yang mempengaruhi yaitu main jet kegedean atau sebaliknya,skep dan jarum skep,atau masalah bisa terjadi pada main holder jet.

4)bensin banjir

untuk karbu yang sering mengalami hal seperti diatas biasanya terjadi saat motor dalam kondisi diam.karna bensin trus mengalir sehingga bak penampung penuh dan luber hingga selang pembuangan sebagai saluran akhir untuk keluar

image

gambar:jarum pelampung

masalah ini disebabkan oleh jarum pelampung rusak atau terganjal benda asing, bersihkan atau solusi yang jitu yaitu dengan mengganti jarum pelampung dengan yang baru.

5)susah langsam

motor yang susah langsam atau tidak mau stasioner biasanya disebabkan oleh lubang pilot jet dan stelan angin -angin.

6)motor tiba-tiba mati

ketika motor lagi bunyi dan diajak jalan tiba-tiba motor mati bila gas di lepas.

coba periksa sambungan manifol.biasanya mengalami kebocoran

7)susah hidup di pagi hari

motor susah hidup di pagi hari akibat udara disekitar masih dingin.ruang bakarpun juga masih dingin.otomatis di butuhkan suplai bahan bakar yang lebih ketimbang udara .nah itulah mengapa di ciptakan sebuah chok.karna chok sendiri berfungsi sebagai pengatur dan penambah suplai udara cadangan.kenapa saya bilang cadangan??
Karna chok ini berfungsi saat mesin susah hidup di pagi hari.

Tapi sekarang banyak di kembangkan chok otomatis.

8) kenalpot nembak

Adakalanya setelah gas di lepas tiba-tiba kenalpot nembak dengan keras

Nah penyebab dari kejadian ini adalah karna chok dalam posisi terbuka atau suplai udara lebih sedikit daripada bahan bakar yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

catatan

mungkin ada beberapa trouble atau masalah yang disebabkan oleh selain karburasi tapi gejala mirip di karburasi.

Yang di bahas pada artikel kali ini hanya pada masalah karburasi jadi tidak membahas selain yang bersumber dari karburasi

Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

  • penyebab motor susah hidup (79)
  • motor susah hidup (59)
  • motor susah langsam (52)
  • penyebab motor susah langsam (34)
  • motor susah stasioner (31)
  • motor mati saat di gas (30)
  • penyebab motor tidak langsam (24)
  • penyebab motor matic susah hidup (23)
  • akibat pilot jet lepas (20)
  • motor di gas mati (19)
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG SOBAT,SILAHKAN BACA ARTIKEL KAMI BERIKUTNYA, APABILA ADA YANG KURANG DI PAHAMI SILAHKAN BERKOMENTAR, INSYAALLAH KAMI JAWAB SECEPATNYA

masuk untuk mendapat update melalui email

Tetap Update dengan Blog ini. Dapatkan update email newsletter Gratis, masukkan email kamu disini:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

66 Responses to “masalah yang sering terjadi di karburasi”

  1. Udien Roy says:

    ada yang salah ketil tuh mas, lahat tuh di baris awal masak alat tang hehe tang itu buat jepit

  2. mjumani says:

    motor saya pas jalan tiba-tiba mati, di cek bensin nya masih ada, tapi gak mau idup lagi knpa yah ? Jupiter MX.

    Jawab
    Halo mas jumani.sebenarnya penyebab motor macet itu banyak hal.

    1,coba mas cek pengapian nya.
    Mulai dari busi,koli,cdi dan pulser

    2, kalau pengapian baik coba cek kran otomatis nya, dan sirkulasi bensin dari tangki.ke karbu.

    3,kalau semua hal diatas baik2 aja coba cek karburasi nya.

    Tiga poin ini yang umum bila terjadi motor macet.

    Kalau mas jumani nggak paham tentang di atas silahkan bawa ke bengkel terdekat.

    Semoga dapat membantu salam

  3. irfan says:

    mas saya pake karbu mikuni pe28. di mio saya yg di bore up 190cc. taraikannya aga lelet, tapi ga lama langsung enak sampe ke puncak rpm, masalahnya tuh tiap turun gas karbu nya melecut’. kaya meledak meledak gitu, cuma di karbu terjadinya bukan di knalpot
    mohon bantuannya :D

    jawab

    -> coba anda periksa apakah posisi TOPnya sudah benar?

    kalau belum tepat pastikan pada posisi yang benar

    -> apakah derajat pengapian nya anda geser atau anda utak atik?

    kalau iya coba kembalikan ke posisi standar

    -> periksa apakah lubang pembuangan tersumbat kotoran atau tidak

    -> periksa pengapian nya normal atau tidak.

    semoga dapat membantu salam

  4. Imron says:

    Mas, yg dimaksud pilot jet dan lubang pilot jet pada karburator itu yg mana sih?

    jawab

    mas imron selamat pagi :-)

    untuk pilot jet coba anda buka karburasi nah disitu akan tampak dua spuyer nah spuyer yang besar disebut main jet sedangkan spuyer yang kecil disebut pilot jet. nah itulah pilot jet biasanya letaknya berdekatan dengan spuyer besar atau main jet

    semoga membantu salam …

  5. BairMarlboro says:

    Mas bro,….saya mw tanya,klo karbu f1zr banjir peyebabnya apa sih..?dah di bersihkan,dah gonta-ganti spuyer dua2nya..tp tetap banjir,dari segala penjuru…

    Jawab

    Selamat pagi mas bair :-)
    Saya akan mencoba menjawab peryataan anda

    Penyebab banjir

    Penyebab banjir berasal dari lubernya bensin dari bak penampung di karbu. Nah biasanya yang mengatur banyak sedikitnya suplai bensin adalah jarum pelampung. Apabila jarum pelampung ini sudah uzur atau aus maka bensin akan nylonong dan memenuhi bak penampung pada karbu. Akibatnya bensin keluar atau banjir.

    Cara mengatasi

    Cara mengatasinya dengan mengganti jarum pelampung yang sudah uzur tadi. Saran saya usahakan beli produk genuine atau produk standar yang asli.

    Kalau spuyer nggak ada hubungan nya dengan banjir sob.jadi anda ganti ampek seribu kalipun banjir nggk akan surut :-)

    Semoga membantu … Salam…

  6. jurigpako says:

    nyeting stasioner di ninja rr di saat choke terbuka atau tertutup???

    Jawab

    Mas jurig :-)
    Harusnya chok tertutup sob

  7. ibenk says:

    Mas saya pake karbu king di mio saya.. tapi susah nyala kalo pagi terus ga bisa stasioner mio udah 165 cc masalahnya di karbu atau di sistem pengapian ? thanx

    Jawab

    Masalah pada karbu dan pengapian itu bisa sedikit dibedain walaupun kadang ada kemiripan

    Coba anda cek apakah putaran mesin saat bunyi tersendat sendat atau motor mbrebet abis nah silahkan cek pengapian nya… Ya walaupun ciri 2 diatas juga bisa terjadi saat seting karbu apalagi kalau karbu motor lain diaplikasi.

    Tapi menurut keterangan sobat diatas motor yang susah idup itu biasanya pilot jetnya mau dibesarin dikit.

    Cek aja sob dengan teliti moga bisa ketemu….

  8. Bagus says:

    mas, motor saya kalo kebut endat endat tan, karbu udah dibersihkan, tapi satu mas masalahnya, yakni chok nya, kabel chok nya putus, sisa masih dikit didalam karbu gimana itu mas pengaruh gak?
    trmksh.. :D

    jawab

    ooooo kalau choke nya kabel nya putus kemudian pistonnya atau pentolan macet didalam saya kira nggak papa tuh cuman choke nya nggk bisa di gunain sob…yang penting dorong masuk tuh kalau nongol keluar.

  9. wong deso says:

    Mas mao tanya dong…
    Motor ku kalo d’gas langsung/spontan (d’betot) kok nahan ya..
    Ada suara “ngoooookkkkk” gitu. #kaya orang ngorok hihihi… :)
    Tapi stelan karbu udh saya otak-atik satu per satu,tetep aja g nemuin yg pas… #kaya ngerti aja cara nyetel karbu hahahah…. :D’
    Kalo kaya gitu kenapa ya mas ?
    Faktor dari spul,koil,busi,CDI atau apa ya ?
    Padahal STNK g lecek lho mas… Hahahaha… #apa hubungan nya :)
    Mohon pencerahannya mas :)
    motor ku GL-pro karbu standar,seher tiger oz’50

    jawab

    mas gilang selamat malam :-) maaf baru bisa jawab :-)

    kalau menurut penjelasan atau pertanyaan nya mas gilang bisa jadi itu akibat banyak nya suplai udara ketimbang bahan bakar. kejadian seperti ini biasa terjadi apabila moncong karbu dibiarkan melompong alias filter udara dibuka.

    bila kejadiannya demikian anda bisa menaikkan atau melebarkan lubang mainjet nya step demi step

    semoga bisa membantu

    • wong deso says:

      Makasih mas atas pencerahanya… :) heheheheh….
      Tapi ada pertanyaan lg nih mas…
      Skepnya udh aku turunin se turun2nya (borossss)… :)
      Udh g “ngoookkkk” lg,tapi rasa2 nya motor minta d’borosin lg mas (padahal udh mentok d’bawah skepnya),
      Dan pas aku coba gas pooolll d’jalan motor serasa “berebet” dikit gitu jadi agak nahan larinya…
      Mohon pencerahannya lg mas…
      Heheheh… :)

      Maaf mas kebanyakan nanya… :)
      Abiiissss g ngerti… :)

      jawab

      wuihhh…. gas mentok jadi takut aku bro pasti ngalahin the doctor heeee ya eyalah kan du valle tadi jatuh :-)

      ooooo lupa jawab nih :-) gini aja mas aku kasih patokan untuk masalah setingan karbu

      untuk motor yang lagi seting ketika di tes saat gas baru di buka atau tarikan bawah kayak nahan atau si karbu mbrebet nah itu tandanya banyakan udara ketimbang suplai bahan bakar

      solusi setting putaran angin-angin bisa juga masalah pada pilot jet

      kemudian apabila putaran bawah oke oke aja tapi di putaran atas ngoooook nah yang ini berhubungan dengan main jet,nosel atau bisa jadi kebanyakan suplai udara atau malah lebih banyak bahan bakar nya dari pada suplai udaranya.

      untuk keluhan mas coba aja di set clip jarumnya hingga di temukan setingan yang tepat,atau yang di utak-atik suplai udaranya(filter udara)

      selamat ngutak ngatik karbu :-)

  10. wong deso says:

    Wakakakakakak…. :D’:D’
    Hahahah.. :)
    Mungkin kalo si doctor main d’jalan jakarta pasti aku menang mas… #sombong :)
    Yoo wong jakarta macet e ampun2nan.. Pasti GL ku menang karo monster e si doctor…
    Hahahahah… :)
    Aku naik motor g pernah ngebut to mas.. Santai bin lemot :)
    Yg penting selamat sampai tujuan…. Hahahah…

    Makasih banyak mas atas pencerahannya… :)
    Blog nya sangat bermanfaat buat para pengemar otomotif…
    Lanjutkan terus mass…

    jawab

    mantep mas :-)

  11. IrulMuzakqy says:

    mas bro,, apa sih keuntungannya mengganti keran vakum ke keran manual untuk satria fu ?
    mkasih mas bro :)

    Jawab:

    Kalau yang manual suplai bensin bisa mengalir setiap saat. Sehinga pasokan bensin selalu terpenuhi jadi tidak was was akan tersendat nya aliran bensin.

    Beda kalau yang vakum bensin jalan jika motor dalam posisi bunyi…

  12. genji says:

    motor aq mx 2011
    mau tanya nih…
    kenapa mx aq kalo d gas itu ,, gas nya ilang.. kya tersumbat gitu …gas ilang, sering mati bila gas kendor..

    udh bbrpa kali d bwa ke bengkel.. ke deler..
    masih jg begitu..
    kynya gk ada deh d daerah q bengkel yg sanggup benerin mtor aq..
    mohon bantuanny

    Jawab

    Ooo… Coba dicek karbunya sob… Kemungkinan besar pencampuran udara dengan bahan bakar tidak pada posisi yang tepat.

    Kalau anda tidak paham tentang utak atik mesin mungkin lebih baik anda bisa menghubungi bengkel resmi

    Semoga bisa membantu…

  13. kancild says:

    mas bro,. Gi mana’ea nyetel karbu,supaya mesin’ea gag mati saat di gas secara spontan? apakah itu masalahnya di putaran angin? Berapa putarannya mas bro supaya mesin gag mati bila di gas scara spontan!?
    Thanks mas bro,,,

    jawab

    karbu yang di gas spontan langsung mati apakah filter udara nya dibuka? kalau ia kemungkian main jet nya minta di gedein

    untuk angin-angin bisa pada putaran 1 1/2 untuk standar. atau bisa cari putaran untuk stelan yang tepat

  14. sastro says:

    Permisi gan ijin tanya
    fu 2010 saya mendadak ga mau nyala setelah buka sylinder kop
    1 udah saya cek listrik di busi ada, bahan bakar di karbu ada,
    2 lubang karbu kearah filter saya tutup pakai tangan kemudian coba kick start ada rasa di hisap di tangan & terasa basah,
    3 kondisi klep rapat ga ada bengkok sedikitpun,
    4 gear noken sudah posisi top
    5 piston ga ada problem
    6 sudah tidak ada benturan antara klep dan piston
    nb : sebelum saya buka bureng dan kop kondisi motor sudah bisa nyala tapi klep dan piston tabrakan jadi saya buka lagi silinder kop buat tambahin packing. habis itu nggak mau nyala motornya T_T
    kira2 salah apanya yah mohon bantuan pencerahannya gan sudah 2 hari trouble ampe pusing pala
    thank’s before

    jawab

    buat mas sastro kalau saya berpendapat anda mungkin salah dalam menentukan top. karena top dalam motor suzuki satria fu berbeda dengan single noken. coba cek lagi, karna problem motor nggak mau bunyi setelah bongkar disebabkan pada posisi top.

    saran saya bila anda nyerah bawa aja pada bengkel langganan mas

    semoga dapat membantu… eh … selamat berpuasa bila menjalankan nya :-)

    • sastro says:

      terima kasih pendapatnya bang
      saya kira saran anda yang terbaik deh hehehehehe
      akhirnya mesti otw bengkel juga ya sudahlah apa boleh di kata
      matur nuwun sukses selalu

      jawab
      :-) sama-sama

  15. doddy says:

    selamat malam bro. Saya punya motor yt 115. Baru over size 50, karbu saya tukar pake rx king, trus kalo di pasang filter udara racing sekalipun selalu brebet, kalo di buka, malah aman tu motor. Trus kemaren tarikan gasnya aman2 aja, setelah di hidupkan kembali pompa oli sampingnya, eh malah tuh gas ada kosongnya sesaat. Kira2 bro bagaimana jalan keluarnya.

    jawab

    kalau motor dua tak terjadinya mbrebet disebabkan oleh beberapa hal.

    1. masalah pada karbu meliputi
    a.pilot dan main jet kurang tepat termasuk suplai udara

    b.nosel tersumbat dan lain sbg

    2.membran yang lemah atau retak bisa juga terganjal benda asing akibat filter udara dicopot

    3.seal poros engkol rusak. akibatnya oli mesin masuk keruang bakar. ditandai dengan keluar asap berlebih dan oli mesin cepat habis

    tapi masalah mbrebet yang sering terjadi yaitu pada karbu. silahkan cek lagi setiap komponen karbu

    semoga dapat membantu salam….

  16. doddy says:

    seandainya saya ngotot pasang saringan udara. sepuyernya diturunin ato di besarin ya bro. (kalo di coba satu 2 nomornya bisa bangkrut bro, apa boleh yang ada lubangnya di besarin pake gawat)Kalo boleh tau oversize 50, tu yt jadi berapa cc.
    Maaf banyak nanya, habisnya penasaran ama ni motor. udah gitu tak bacain semua blognya bro banyak kali nambah wawasan ane, udah gitu si bro sabar lagi jelasinnya,
    Semoga semua amal yang bro buat bisa mendapat ganjaran berlipat2

    jawab
    sebelumnya saya ucapin banyak terima kasih atas kunjungan sobat sekalian.

    karena sobat lah sehingga kami selalu bersemangat untuk mengisi blog sederhana ini.

    selanjutnya

    kalau anda pasang filter seharusnya anda kecilin tuh main jetnya. itu tu spuyer gedennya.

    gedein spuyer pake kawat boleh aja tapi harus yang berpengalaman. kalau mau cobain boleh sih tapi bongkar pasang karbu resiko nya :-)

    hitung cc liat aja tuh rumusnya dah saya kasih :-)

    • doddy says:

      met malam bro n salam kenal…
      Mau nanya lagi ni bro
      Ada motor kawanku jupite* cina piston kaze oversize 100, karbu revo. Dipake trabas 2 putaran lapang, nendang, setelah putaran ketiga mesin brebet tenaga loyo. Kira2 apa ya bro masalahnya, kasian liat teman jadi malas kalo diajak trabas. Terima kasih banyak sebelumnya…..

      jawab

      wuih mungkin kurang obat kuat kali mas :-)

      penyebab motor loyo banyak faktor mas masalah nya anda tidak jelasin secara terperinci masalah pada si motor chin* tsb.

      satu lagi motor chin* banyak kelemahan nya jadi sangat sulit mendeteksi nya karena komponen kurang nendang :-)

  17. Arvin says:

    Mas, mau tanya dong. Motor saya F1ZR memekai karbu PE 24 naah yang saya heran kalo stelan angin (air screw) di setting kering kok malah langsam terus ya? Jadi biar baud langsamnya di lepas masih tetep hidup seperti langsam normalnya (±1600 RPM)? Kecuali di setting basah tapi konsekuensinya motor malah berebet mohon solusinya mas :)

    jawab
    selamat malam buat mas arvin :-)

    sebelumnya anda harus tau dulu kalau baut angin angin atau seperti yang anda bilang air screw memiliki fungsi hanya pada rpm 0 hingga sekitar dibawah setengah putaran gas atau bisa dibilang hanya bermain pada putaran bawah.

    nah apabila anda stel pada putaran kering kemudian mesin langsam itu berarti pilot jet bisa dibilang mampu menyuplai bahan bakar lebih lumayan banyak alias kegedean.

    ingat baut angin angin berhubungan dengan pilot jet jadi bila putaran bawah nggak enak silahkan eksekusi kedua komponen ini

    salam

  18. Andi Muhammad Nur says:

    Mas Sya Mau Nya…Kenapa Motor Sya Boros Padahal Sya Sudah d’Servis
    Bagaimana I2 Mas

    jawab

    kalau motor sobat memang tadinya sudah boros mau di apa lagi :-)

    coba suruh sama abang bengkel nya kecilin ukuran spuyer main jet nya insyaallah bisa irit sob….

    salam…

  19. Alif says:

    maz q mo tanya,,,
    kalau pengapian normal rpm jg normal gas jg gak brebet tp kok sebet aliaz gak bisa lari,padahal biasanya nyampe 130-150km/jam biasanya tp sekarang cumama nyampe 80km/jam.motor saya scorpio 07.
    mohon pencerahanya

    jawab

    coba sobat ganti tuh kampas kopling nya kalau dana berlebih sekalian per nya dijamin kalajengking nya bisa lari lagi

    semoga bisa membantu :-)

  20. agung s says:

    Mas motor saya supra x125, masalah pada motor saya adalah suka brebet setelah jalan kira2 500m Dan kemudian mati. Klw mau idup lg mesti berenti dulu sekitar 5menit baru motor bisa jalan lg, Dan seterus nya begitu juga. Kira2 itu masalah nya apa ya? Mohon bantuannya.

    jawab

    selamat pagi mas agung :-)

    untuk motor supra series lawas rata2 menggunakan karbu dengan kran bensin manual alias bensin langsung ngacir dengan diatur oleh kran untuk menutup nya.

    tapi kalau tidak salah supra x 125 menggunakan karbu yang mengaplikasi model vakum pada pengaturan bensin nya nah analisa kami vakum penyuplai bensin inilah yang mengalami masalah alias rusak.

    karena suplai bensin yang mengalir tidak mampu memasok kebutuhan karbu.

    coba lepas vakum nya biarkan bensin mengalir langsung pada karbu bila masalah macet tiap beberapa meter teratasi ganti aja tuh kran vakum nya….

    semoga dapat membantu salam ….

  21. ricky says:

    mw tnya mtor ane ninja rr.udh sminggu gk di nyalain stelah mw nyalain.mzin idup tp tba2 lngsung mti ndri trz gk mw idup lg knp yaa..

    Jawab
    Coba bersihin karbunya sob…. Biasanya kerak kerak nempel pada nosel,spiyer dan lubang-lubang pada karbu

  22. ewink says:

    sy mau tanya nih,knpa pada mtor satria 4 tak sy klau gasnya dilepas knalpotnya nembak2

    Jawab
    Coba cek businya sob atau sekalian ganti,,,jikalau menggunakan chok manual jangan biarkan terbuka saat motor jalan

  23. mamat says:

    gan motor ane satria fu full stroke, saya pakai karbu standar tapi motor gak bisa hidup
    pengapian nyala. Gmana tuh

    jawab

    pertanyaan balik dari ane motor nya abis di bongkar nggak?

    coba periksa suplai bahan bakar kemudian cek top nya sudah tepat atau belum

  24. ajizh says:

    bro mau konsul.. ane punya megapro primus dah korek noken ampe aplikasi kruk as tiger. semula pake karbu ninja enak bgt diputaran atas ma bawahnya. karna merasa blom puas akhirnya aq reamer t karbu pi stelah tk pasang motor kalo di gas mendadak malah tersendat gak spontan kyak sbelumnya. mohon pencerahannya..

    jawab
    :-) la wong sudah enak kok minta yang lebih lagi….

    Karbu itu cuman pencampur udara dan bahan bakar sob…

    Kalau pengen akselerasi dan kecepatan meningkat ya tambah cc atau naikin kompresinya bukan utak atik karbunya kalau karbu sudah enak .

    Karbu modifikasi tanpa didukung inlet dan ex yang sesuai akan percuma sob

    • galih says:

      gan ane mau tanya…ane pnya ninja rr msh gress bgt tp kanapa klo tiap hari pas awal mau nyalain susah bgt bwt hidup tuh motor… banjir mulu smp bosen ganti busu mulu… toling solusinya makasih

      jawab

      yang dimaksud banjir, banjir apanya nih? karbunya atau apanya. karena kalau motor karbunya banjir emang gt sob susah untuk ngidup in nya. karena luberan bensin jadi proses pengkabutan tidak maksimal.

      tapi kalau motor baru biasanya nggak ada yang banjir tuh???

      • galih says:

        iya gan ane smp ganti busi 3 tuh mtr padahal blm ada sebulan… gmana yaa solusinya.. susah bgt itu.mtr bwt hidupnya pas awal..

        jawab
        coba bersihin karbunya kemudian naikkan satu tingkat lubang pilot jet nya trus seting ulang angin angin nya…

        • galih says:

          kalo pilot jet dinaikan makin boros dong gan? padahal motor baru ya? aneh banget ini.. ada solusi lain gak gan?

          jawab
          pilot jet itu spuyer kecil sob… spuyer kecil bekerja pada putaran rendah. jadi tidak terlalu banyak berpengaruh pada putaran atas.

          boros jika yang di besarin pada main jetnya atau spuyer besar.

          oke kalau sobat bingung dan takut ngutak atik motor baru nya sobat, sobat bisa menghubungi dealer resmi atau bengkel langganan nya

          • galih says:

            okey terimakasih gan atas infonya

            jawab
            sama sama sob… terimakasih juga telah mampir di blog amburadul ini… :-)

  25. muh arfan says:

    Ass.. bos ane punya motor shogun 125 tahun 2005. Saat d gas full tdk mau lari alias ngorok n melambat larinya. Kira2 pengaruh apnya ? Karbunya saringn racing n d bawa mesin ad kluar oli bos. Gmn ITU? Mksh

    jawab
    itu main jet nya minta di gedein sob… kan sudah menggunakan filter udara racing.

    rembesan dibawah mesin bisa jadi perpack bak mesin udah minta ganti atau baut oli aus juga bisa jadi penyebab

    • muh arfan says:

      D gedein gmn boss? D longgarin ato d kerasii . Hmm cuman itu main jetnya yg mau d stell yh? Ato ada lg yg Lain?

      jawab

      kayaknya sobat nggak begitu paham tentang perbaikan motor. saran saya dari pada berabe silahkan bawa kebengkel langganan sobat :-)

  26. john says:

    Mas Tanya dong motor saya supra x 125 R, kenapa 3 hari ini kalau setelah lari kencang atau gas ditarik full trus dilepas dari knalpot ada bunyi duaar dan keluar seperti api. Sudah dibawa ke bengkel trus ganti busi dan service tapi tetap saja begitu. Trus bengkelnya menyerah malah disuruh ganti air suction valve yang dekat ke karburator atau kalau ga mau ganti yah selang yg ke air suction valve ditutup saja. Sebenarnya fungsi air suction valve itu apa dan kalau seperti saran bengkel tidak berpengaruh pada motor saya? Atau adakah cara lain sebagai solusinya. Terimakasih sebelumnya.

    jawab

    coba di cek pilot jet nya biasanya tersumbat, ya.. asv merupakan penangkal letupan knalpot tersebut ia bekerja secara vakum.

  27. yoyok MCB says:

    mas, sekalian tanya, motor saya thunder EN125HAK, kalau pagi kita start dan jalan di putaran bawah terasa tersendat2, setelah agak lamaan jalan kira2 setegah jam baru normal. termasuk juga pas berhenti di lampu merah, jalan lagi, terasa tersendat seperti telat bbm. gimana ya perbaikannya

    jawab

    kalau motor dengan sistem karbu memang begitu sob nunggu motor dalam posisi temperatur panas.

    tapi lain halnya dengan motor sistem injeksi itu nggak bakalan terjadi

  28. sick says:

    mas mau konsul, motor saya spx 100 03.sudah porting polish in ex piston standar pake jupiter,pengapian DC pake shogun,busi ngk iridium coba ganti karbu pake jupiter intake ori motor g mau idup mas,bisa idup tapi dikop dulu karbunya abis itu mati lagi.ganti pe28 intake mio juga sama g mau idup mas,tapi psang karbu ori supra langsung greng itu apanya kira2 yg bermasalah.? terimakasih

    jawab
    Coba dicek sambungan manifol nya ada kebocoran nggak

    • sick says:

      kalo dengaN ubahan mesin kayak gitu,karbu apa kira2 yg cocok mas.?motoornya saya pake keperluan jarak jauh saat ini masih pake karbu ori yang direpairkit bisa nyenggol 120km,saran teman pake smash atw shogun sp tp g terlalu yakin juga karna dia g pake karbu itu

      jawab
      Saya kira sama aja tuh sob karena lubang venturi hampir mirip. Mending pake std trus di reamer nah itu baru tok cer….

  29. bagonk smile says:

    Mio ane pake 58,5 trus noken kawahara k1.karbu standar,klep standar…kenapa kalo dihidupin langsamnya gede bgt..gak mau turun…tq

  30. Geng says:

    Mau tanya mas, motor sy megapro 04 kalau pagi starternya harus smbil buka gas baru bisa nyala ,rpm nya trlalu rendah jadi handel gas harus ditahan biar ttap nyala,putaranya pun gak stabil(nyendat2),tapi jika sudah panas atau jalan beberapa kilo rpm stasionernya melonjak di atas 1500. Apakah ada masalah pada karbu atau top nya ,soalnya kejadian itu berawal setelah saya ganti keteng dan skir klep.mohon pnjelasannya mas,trma kasih sebelumnya… jawab. Kalau pendapat saya lebih mengarah pada karbu sob… Coba di setel ulang angin anginnya atau di periksa apa ada kebocoran pada manifold nya. Apabila masih terjadi bari dilihat keadaan top nya…. Salam

  31. nobikun says:

    Jragan , mtor sya satria taun 2012 , karbu udh d ganti skep + filter afmrket cdi jga udh gnti , yg mw sya tanya knpa tba2 mtor sya mati sndri wktu kopling d tahan ,
    Trus pas d nyalain lagi rpmnya naik-turun dr 1000 ke 0

  32. opay says:

    salah sejahtera,

    mohon maaf sy mau tanya. mudah2ain in web masih aktif.
    motor tiger sy baru saja di service, krna ga bisa di nyalakan. mungkin terlalu lama tidak di pakai.
    pd saat sy ambil di bengkel, motor bis di nyalakan. cuma pd posisi chuke dlm posisi buka full. kalau sy tutup chuke nya (posisi normal di bawah) motor tdk bisa di nyalakan, kalau sedang menyala sy turunkan, motor mati mendadak. yg saya tanyakan … apakah aman kalau posisi chuke selalu dlm posisi full (buka ke atas) ?

    terimakasih sebelumnya.

    • abangireng says:

      pada dasarnya membuka dan menutup chok adalah proses membuka dan menutup suplai udara. pada saat chok di buka maka posisi tuas chok dalam karbu menutup lubang udara, sehingga udara yang masuk sedikit nah ini sangat dianjurkan jika pada saat pagi hari dan pada saat awal motor dinyalakan karena proses ini bertujuan agar udara dingin di luar sedikit masuk pada karbu sebagai bahan pencampuran bahan bakar.

      tapi ketika motor anda dalam posisi panas seharusnya choke tertutup, karena choke dlm posisi membuka menyebabkan pengkabutan tidak sempurna sehingga pembakaran pun tidak akan normal.

      coba cek kondisi karbu anda kemudian bersihkan. untuk motor lawas sebaiknya periksa juga filter udaranya

      • opay says:

        makasih gan atas pencerahan nya. kebetulan jarum di karburator nya sedikit rusak/macet. sepertinya mesti di ganti. salam sukses gan.

  33. Randy Adjuai says:

    Gan ane mau nanya..
    Ane punya suzuki spin 2008 mesin halus mulus tpi koq sering mogok..
    Kalo lari kenceng motor ga mati malah enak tarikanya tpi klo di turunin gas nya malah mwu mati kaya kehabisan bensin pas di tarik lgi gasnya malah brebet trus lngsung mati..klo di stater hidup pas di tarik gas mati lagi trus di stater hidup trus tarik gas mati lagi begitu seterusnya..ane udh 2 bln in 5x cuci karbu 1x cuci tengki tpi koq tetap aj motornya kaya gitu..setiap di cuci karbu motornya enak lagi tpi sekitar 2 mingguan kambuh lagi tuh penyakitnya..capek juga bolak balik bengkel..mohon solusinya donk gan udh bingung bgt nih penyakitnya ga sembuh2..thank’s gan

    jawab

    Coba di cek kran bensin otomatis nya siapa tau itu yang jadi masalah, tp umumnya kejadian kayak gitu karena karbu kotor.

  34. Harris Fadilah says:

    Om, mau nanya… kenaoa motor megapro primus saya waktu gas ditarik koq, langsung mati ya ? Padahal waktu starternya normal saja alias pas ditarik atau dinaikkan gasnya dari langsam (kalo gak salah) langsung mati. Kira-kira masalahnya apa pada karburatornya ?
    Maklum saya gak begitu paham sama bongkar karburator

    jawab

    Biasanya memang ada masalah pada karbu sob… Bisa saja karbu kotor,suplai bahan bakar tidak normal atau tangki dalam keadaan tidak steril alias kotor heeeeee…. Klo nggak paham tentang karbu atau tidak pernah buka karbu mending bawa ke bengkel langganan sobat….

  35. mahmud says:

    Permisi om..ane ??? tanya..ane punya motor erji ..karbu_a ane ganti pake karbu pe28,,motor susah disetting padahal pj mj dah ane naikin,,dan satu lagi om..?ª?? setelan angin_a ane buka motor malah mati..gaa ??? di gas,,dah gitu susah idup_a..tapi ?ª?? angin_a ane puter mati,,alias nutup..motor gampang hidup dan bisa digas,,,mohon pencerahannya,,,?????

    jawab coba gunakan pilot jet standart, saya rasa pilot jetnya yang lagi eror

  36. Ronny says:

    Mas mw nnya dong mio saya qlo.di gas endet”n knpa ya… Gas.nya harus di atur baru lari qlo dlurusan tp qlo abis dbwa ngebut dilepas gas lngsng nahan dan ga ada larinya. aplg qlo dtanjakan Berat bgt gmw naek hhee

    jawab

    Klo di gas ndet ndet an coba cek karbunya bersihin dan jangan lp karet vakum nya juga turut di cek klo dah kaku atau bocor ganti aja. kemudian roller pada cvt jangan lp ikut di cek klo dah peang ganti.

  37. iqbal says:

    Misi-misi.. mas.. mau nanya mas motorku fu seher scorpio karbu pe 28 reamer 30 pngapian yz 125 cdi varro.. yg mau sy tanyakn ni mas motor ku kalau udah jalan sekitar 5 km brebet mas bahkan mesinnya kaya mau mati mas

    jawab:

    Coba cek aliran bahan bakar, bisa juga karena motor sudah di modified terjadi over heat karena kompresi tinggi. Coba cek secara seksama

    Salam…

  38. yoga says:

    misi mas bro mau nanya nih saya pake karbu pe 28 di cs1 tapi setiap saya gas spontan motor malah mati trus ukran pj sama mj nya yang pas brapa ya

    jawab

    Dalam pengaplikasi an karbu ber venturi lebih besar dari standar ada beberapa hal yang musti di perhatikan

    - pastikan ukuran lubang venturi lebih kecil dari lubang manifold
    - pastikan saringan udara jangan dilepas bila ukuran main jet kecil
    - dalam pencarian setingan ukuran main jet dan pilot jet coba di urut dari ukuran standard bawaan motor kemudian di naik in per step

    Semoga mendapat setingan yg pas

  39. raja pujangga says:

    mas, motor saya suaranya ngorok, kalau di gas full larinya cm 40 km, kalau naik tanjakkan hampir gak sanggup, kalau gasnya setengah seperti mau mati suaranya ngorok, kalau dgas full gak ngorok, tapi gak ada larinya, CDI baru, busi baru, karburator baaru di cuci, apanya yng salah ya mas? yamaha RX king

    jawab

    Itu terjadi karena anda membuka filter udara sedangkan anda tidak memper besar suplai bahan bakar melalui main jet

    • raja pujangga says:

      tpi mas, saringan udara ne ora eneng di buka mas, filter udara ora eneng di otak atik mas, piye yo mas, apane yo mas yo?

      jawab

      Permasalahan pada si jambret milik sobat itu pada sistem pengkabutan yg tidak sempurna. Seting dari pilot jet hingga main jet nya dan jangan lupa perhatikan suplai udara agar pencampuran udara dan bahan bakar bisa tepat sehingga gejala ngorok bisa hilang

  40. danny phiton says:

    gan maaf saya mau nanya, tentang motor suzuki skydrive kenapa sat jalan motor tiba tiba mati,dan saat stater bisa tp pas digas mati lagi,,,apa penyebanya yach,gan,,?

    jawab

    Wah masalah pada motor sobat ini butuh pengecekan lebih lanjut nih saya tidak bisa memastikan secara terperinci, cuman dugaan saya mengarah pada system pengapian yang terganggu bisa saja terjadi hubungan arus pendek atau ada salah satu komponen pengapian yang bermasalah, coba di cek secara teliti untuk menemukan asal permasalahan nya

  41. thor tukang palu says:

    bro, saya punya suzuki skydrive yg mau saya ganti karbunya pake pe28, yg ingin saya tanyakan… d sektor apa aja yg harus d rubah? dan saya sekalian mau pake knalpot freeflow, apakah pe28 dan penggunaan knalpot freeflow bisa menjadi perpaduan yg bagus ? terima kasih sebelumnya

    jawab

    Saya belum pernah oprek skydrive sob

  42. adi says:

    Salam ga
    Motor saya new megapro masih karbu,,kenapa ya motor saya mati padahal pas d cek bensin di teng masih ada,,di coba di isi bensin lagi ternyata hidup,,yang bikin sya bingung ko motor sudah mati padahal suplai bensin di teng masih ada,,kan biasa nya kalo biasa motor mati klo bensin bener2 abis,,
    D tunggu jawaban ?yå makasih

  43. Johnsen says:

    Gan, saya mau tanya :
    motor saya thunder tahun 2005, kalau saya stater motor dg elektik maupun engkol, dapat hidup seperti biasa,
    kendala muncul ketika saya mau gas.

    terkadang motor mati ketika saya mau gas. tapi kejadian ini bukan merupakan kejadian rutin pada motor saya, kadang2 susah di gas dan mati, kadang2 bisa di gas.

    selama ini saya mengaktifkan choke agar motor dapat di gas kembali..

    mohon pencerahannya..

    jawab

    Coba bersihin karbunya dan stel ulang stelan udaranya

  44. sawal says:

    Min, ane punya motor FU,,kalau mesin mati keluar bensin dari lubang pembuangan..penyebab nya apa yaa…tolong pencerahan nya..??

    itu biasanya disebut banjir sob… Jarum/spuyer apung2 nya bisa jadi aus

  45. bhem says:

    mas saya mau nanya kenapa motor saya mio soul sering tidak mau bunyi padahal bensin,ful trus kalupun bunyi nda lama trus susah skali hidup

  46. alfi zamzami says:

    mas motor karisma saya kenapa ya kalo di tarik gas malah kaya motor kehabisan bensin sedangkan kalo di turunin gas nya jalan lagi kaya biasa dan ini bikin saya ga bisa buru buru kalo kuliah..
    saya udah coba atur angin sama pembuangan karburatornya tapi tetep ngempos..
    tolong bantu ya mas ,.

    jawab
    Klo karbunya nggak masalah coba cek pengapian nya sob

  47. Ant says:

    Bro, mau Tanya dong, siapa tau bisa kasih pencerahan.
    Motorku cbr 150 jadul, setiap kali isi bensin full motor jadi susah idup, kalo pun bisa idup ga bisa langsam, rpm naek turun ampe 4000rpm, sehabis di gas rpm langsung turun dan mati lagi.
    tadinya motor baru normal kembali kalo bensin udah tinggal 1/4, tapi sekarang dah ga ngaruh mau penuh ato tinggal dikit tetap ga bisa langsam. kira2 penyebabnya darimana?
    Hatur nuhun.

    jawab saya kira pengaruh dan masalah nya bukan pada full atau tidak nya bensin sob.. Coba cek sistem pengkabutan nya dan pengapian nya dahulu sob

  48. ghofur says:

    Permisi kak, ane mo nanya nih soal karburasi juga..
    Motor ane MX 2013, ane coba setting karburatornya..
    Pas ane kalibrasikan (tarik gas), ketika gas besar malah kayak mbrebet gitu.. mungkin istilah lain spt tertahan..
    Penyebabnya apa ya kak..?
    Mohon pencerahannya..
    Terima kasih..

    jawab
    Filter udara dan spuyer nya di utak atik nggak nih¿ biasanya masalah nya pada seputar itu

  49. Joer says:

    motor saya mio, kalau sudah panas mesin masih bunyi tapi gas tidak mau naik, tapi kalau sudah dingin lagi motor bisa jalan lagi, terima kasih sebelumnya.

  50. teddy says:

    Selamat makam mas
    Saya mau nanya motor sya mio soul 2008 kenpa tiap udh nyla selalu berbet pdhal lamsam ny bagus tapi setelah maju bberapa meter selalu berebet kadang juga ada suara yg kya ngrok.
    Padhal karbu udah di otak atik tpi msih aj kya gitu.
    Mohon di jawb ia mas gimna solusi ny
    Mkasih

  51. rizky says:

    Boy ane kan abis naikin mio oversize 50 pake seher shogun modif,,nah pas masih handrayen motor masih enak,,pas aneh jajal ngebut motor masih enak tuh,,nah setelah ane lepas gas trus ane betot gas lg tiba2 motor jadi ngempos dan ga mau lari lg itu masih ke adaan handraye apa tuh solusinya gan,,txs

 

Leave a Reply to this Post

SELAMAT DATANG SOBAT ABANGIRENGKU BLOG
share di google plus kamu
sponsor
Categories