Mengenal pengapian sepeda motor | ABANGIRENGKU blog

sponsor

Mengenal pengapian sepeda motor

August 2nd, 2012 4 Comments
sponsor

Sepeda motor merupakan motor yang menggunakan bahan bakar bensin untuk bisa bekerja.untuk membakar bahan bakar di butuhkanlah suatu percikan api.sedangkan untuk bisa menyalakan percikan api di perlukan sistem pengapian.sangat berbeda dengan mesin diesel yang hanya memerlukan busi pijar untuk memanaskan suhu ruang bakar,yang selanjutnya bekerja dengan sistem pemampatan.

Kembali lagi ke topik yaitu Mengenal pengapian sepeda motor.

Dalam sistem pengapian sepeda motor ada 2 sumber arus yang kita kenal,yaitu arus AC dan DC.

Wah jadi inget dulu waktu masih sekolah.kebiasaan pagi-pagi nunggu mobil mini bus,kebetulan ada satu mini bus yang di bagian belakang bertuliskan AC guedeee banget.bisa anda tebak semua oreng langsung berhamburan berebut untuk naik bis tersebut.

Eiiiit tapi di dalam kok sumpek plus gerah banget.liat ke atas samping kanan kiri lo…AC nya manaaaaa…setelah liat ke belakang eeee ternyata tulisan AC yang guedeee nya minta ampun itu ada embel-embel “non” nya di depannya.trus ukurannya kecil buanget…
Kalau di sambungin bacanya jadi non AC yang punya arti tak berAC :-)

Ya…ketipu deh..lagian uang 3rebu perak mau naik mobil berAC ngipiiiiii :-)

Lo…nggk nyambung nih ma topik :-) oke balik lagi Mengenal pengapian sepeda motor

image

Kita bahas dulu Arus AC ( Alternating Current ) atau biasa di kenal arus bolak balik.yaitu arus yang mengalir dengan frekuensi polaritas yang tak menentu atau berubah ubah.yaitu sumber nya dari sebuah kumparan yang arus nya timbul akibat putaran magnet di sekelilingnya.misal pada motor yamaha fiz r.honda grend ,yamaha rx king dan banyak lagi

Sedangkan arus DC ( Direct Current )arus searah yaitu arus yang mengalir tetap hanya pada kutub-kutub nya saja misal pada kutub positif hanya mengalir arus positif sedangkan arus negatif juga hanya mengalir arus negatif misal pada motor suzuki shogun,suzuki smash dan yang lainnya.

Arus ac mengalir melalui kumparan atau biasa disebut spul.biasanya spul ini sering jebol atau lecet yang menyebabkan terjadi hubungan arus pendek atau korslet.tegangan arus AC ini tidak stabil disebabkan arus berasal dari tinggi rendahnya putaran magnet.

Untuk arus DC sendiri bersumber dari baterei atau aki.aki mendapat suplai tegangan yang di simpan.untuk mengisi tegangan aki,diambillah arus tegangan dari kumparan spul pengisian.jadi motor yang mengaplikasi sistem DC ini tidak memiliki spul pengapian.

Untuk model DC ini arusnya sangat stabil, karna mengandalkan arus dari baterei yang tegangannya konstan.

Untuk motor sekarang rata-rata sudah mengaplikasi sistem pengapian DC.kayaknya para pabrikan sudah meninggalkan sistem pengapian AC.

Semoga bermanfaat…

Incoming search terms:

  • sistem pengapian sepeda motor (99)
  • spul motor (76)
  • pengapian rx king (54)
  • pengapian sepeda motor (53)
  • pengapian suzuki Smash (47)
  • pengapian motor (41)
  • sistem pengapian sepeda motor honda (30)
  • spul rx king (28)
  • spul sepeda motor (24)
  • spul motor smash (22)
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG SOBAT,SILAHKAN BACA ARTIKEL KAMI BERIKUTNYA, APABILA ADA YANG KURANG DI PAHAMI SILAHKAN BERKOMENTAR, INSYAALLAH KAMI JAWAB SECEPATNYA

masuk untuk mendapat update melalui email

Tetap Update dengan Blog ini. Dapatkan update email newsletter Gratis, masukkan email kamu disini:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

4 Responses to “Mengenal pengapian sepeda motor”

  1. nourly says:

    ACDC bukannya nama grup band? :D
    Thanks infony mas bro

  2. oomguru says:

    AC DC itu sama cewe mau sama cowo mau ya kalo ga salah?? :D

 

Leave a Reply to this Post

SELAMAT DATANG SOBAT ABANGIRENGKU BLOG
share di google plus kamu
sponsor
Categories